masih dalam tes

dvfsdfasdasdas

alumunium die casting robot bernyawa


1. Silikon (Si)
Penambahan unsur silikon sebagai paduan akan meningkatkan fluiditas pada saat pengecoran dan pengelasan. Selain itu akan ada peningkatan pada kekuatan, kekerasan serta ketahanan terhadap korosi. Kandungan silikon dalam aluminium juga menurunkan kecenderungan terjadinya solidification cracking dan hot cracking.
2. Tembaga (Cu)
Pada umumnya unsur ini ditambahkan sebanyak 2-10 %. Tembaga akan memperbaiki respon terhadap perlakuan panas. Tembaga juga meningkatkan kekuatan secara signifikan pada hasil cor-coran maupun temperatur tinggi. Mekanisme penguatan yang optimum diperoleh pada penambahan 4-6 % tembaga
disertai penambahan unsur yang lain. Penambahan tembaga akan mengurangi ketahanan terhadap korosi, akan tetapi pada kadar tembaga yang rendah dapat menghalangi stress corrosion pada paduan Al-Zn. Tembaga akan mengurangi ketahanan hot tear dan meningkatkan potensi interdenritic shringkage.
3. Magnesium (Mg)
Magnesium adalah paduan dasar dalam pengembangan aluminium untuk meningkatkan kekuatan dan kekerasan pada heat treatment aluminium silicon (Al-Si). Dalam aluminium, paduan magnesium berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dengan mekanisme solid solution strengthening dan precipitation hardening. Paduan aluminium-magnesium sendiri memiliki mampu cor yang sangat buruk karena pada saat pengecoran terjadi kontak antara magnesium dengan udara dan membentuk dross. Oleh karena itu, dalam pelaksanaannya, magnesium digabung dengan silikon, tembaga, nikel, dan unsur lain. Penambahan magnesium 0.4-0.7 % banyak dilakukan pada aluminium silikon. Ini dimaksudkan untuk membentuk fasa Mg-Si yang menjadi fasa penguat.
4. Besi (Fe)
Besi pada dasarnya merupakan unsur pengotor pada aluminium. Keberadaan sedikit besi pada beberapa paduan aluminium akan meningkatkan kekerasan dan mengurangi terjadinya hot cracking pada pengecoran. Peningkatan kadar besi dalam paduan aluminium secara substansial akan menurunkan keuletan. Kelarutan besi pada aluminium sangat rendah (~0.04%). Oleh karena itu, besi cenderung membentuk fasa intermetalik FeAl3, FeMnAl6, dan AlFeSi yang akan meningkatkan ketahanan creep material.
5. Krom (Cr)
Penambahan krom dengan kadar yang kecil (0.35%) bermanfaat untuk mengontrol pertumbuhan butir dan memperbaiki konduktifitas paduan aluminium. Krom biasanya membentuk CrAl7 yang mempunya batas kelarutan yang sangat kecil dan berperan dalam menekan kecenderungan pertumbuhan butir. Penambahan krom yang dapat dilakupanaskan akan meningkatkan sensitivitas terhadap pendinginan cepat dimana fasa endapan akan cenderung tumbuh pada partikel fasa krom yang terbentuk lebih awal.
6. Mangan (Mn)
Kelarutan mangan dalam aluminium sangat rendah dan cenderung membentuk fasa intermetalik. Oleh karena itu, mangan cenderung merupakan unsur pengotor dalam paduan aluminium, sehingga penambahannya hanya sedikit dan harus terkontrol. Penambahan mangan bersama besi pada aluminium akan memperbaiki mampu cor paduan tersebut, akan tetapi dapat membentuk fasa insoluble dimana pengaruhnya tidak baik. Keberadaan mangan akan memperbaiki keuletan dan ketahanan impak. Keberadaan mangan dalam paduan aluminium penting untuk penguatan work hardening pada wrough alloys. Oleh karena itu, pada secondary foundary boleh menggunakan mangan dengan kadar yang lebih tinggi. Pada casting alloys ini tidak penting karena tidak perlu penguatan dengan metoda Wrought hardening. Namun faktanya keberadaan mangan lebih dari 0.5% mempunyai pengaruh yang baik untuk kekuatan internal.
7. Nikel (Ni)
Nikel sebagai paduan aluminium umumnya digunakan bersama tembaga untuk meningkatkan sifat mekanis pada temperatur tinggi. Nikel juga berperan mengurangi koefisien ekspansi panas.
8. Seng (Zn)
Seng tidak memberikan keuntungan yang signifikan dalam aluminium casting. Seng dalam paduan aluminium akan menurunkan mampu cor dan meningkatkan keuntungan terjadinya hot cracking dan shringkage pada pengecoran. Kadar yang tinggi (10%) akan menurunkan ketahanan terhadap stress corrosion cracking. Jika seng dan tembaga dikombinasikan sebagai unsur paduan aluminium dapat meningkatkan kekuatan dengan terlebih dahulu melalui proses perlakuan panas.
9. Timah (Sn)
Timah dapat ditambahkan ke aluminium sampai dengan kadar 25 %. Sejumlah kecil timah (0.05 %) dalam paduan Al-Cu akan meningkatkan respon terhadap perlakuan panas. Dengan demikian akan meningkatkan kekerasan pada paduan yang mendapatkan perlakuan panas. Timah dapat memperbaiki sifat tahan aus oleh karena itu sering digunakan dalam aplikasi bearing. Penambahan timah juga memperbaiki mampu mesin.
10. Titanium (Ti)
Penambahan titanium sebagai paduan aluminium akan berperan untuk memperhalus butir aluminum casting dan mencegah crack pada pengecoran aluminium. Efek penghalusan butir akan meningkat dengan keberadaan sedikit boron yang membentuk TiB2. Titanium akan membentuk TiAl3 dan sisanya akan membentuk TiB2.
11. Stronsium (Sr)
Penambahan stronsium akan memodifikasi aluminium-silikon eutektik. Modifikasi yang efektif diperoleh dengan penambahan stronsium dengan kadar yang sangat rendah, akan tetapi kadar yang serimg digunakan adalah 0.008-0.004 %. Kadar yang lebih rendah akan lebih efektif dengan catatan kecepatan pembekuan yang lebih tinggi. Kadar yang tinggi akan diikiuti dengan peningkatan porositas. Degassing juga justru memperburuk keadaan pada kadar stronsium yang tinggi. Stronsium dianggap sebagai modifier yang tidak efektif pada kecepatan pembekuan yang rendah, akan tetapi beberapa penelitian melaporkan bahwa penambahan stronsium dengan kadar lebih besar dari 200 ppm pada paduan AA319 dan AA356 mempunyai efek yang baik.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net